Penjelasan cara kerja AC mobil bagi kesehatan

 Mobil

Penjelasan cara kerja AC mobil bagi kesehatan

Pentingnya AC mobil bagi kesehatan –Berikut adalah seputar info otomotif tentang Pentingnya AC mobil bagi kesehatan sang pengendara mobil. Kesehatan pengguna mobil bisa saja terjadi akibat AC. Penyebabnya, karena kabin yang tak bersih dan terlalu berdebu. Bahkan bau tak sedap sekalipun mampu menelusup ke kabin lewat perangkat AC.

Penjelasan cara kerja AC mobil bagi kesehatan

Penjelasan cara kerja AC mobil bagi kesehatan

Penyebab kabin mobil kotor

Beberapa hal kerap dilakukan pengendara yang menyebabkan kabin kotor. Membuka kaca ketika berkendara atau mobil parkir. Partikel debu yang sangat kecil masuk kabin kemudian diolah AC, jelas tidak sehat.

Hal lainnya, merokok dan makan di dalam kabin. Saat merokok, jelas kaca akan dibuka. Berarti debu juga bakal masuk. Juga, remah-remah kue yang menumpuk. Supaya bersih, ketika sampai rumah, segera di sapu. Hal lain yang dianggap sepele, yakni pemasangan filter udara untuk AC. Sangat penting menyaring udara kabin yang ada. Menjaga kesehatan juga, karena udara yang dihembuskan lebih bersih.

Pentingnya AC mobil bagi kesehatan pengendara

Agustinus Reinard Winardi, Manager AC Network Dept-Aftermarket, PT Denso Sales Indonesia. Penggunaan filter akan menahan udara kotor kabin sebelum sampai ke evaporator. Sehingga evap lebih bersih dan bekerja lebih maksimal. Efek selanjutnya, tentu saja umur pakai AC keseluruhan lebih panjang. Penggantian filter sebaiknya dilakukan tiap 10 ribu kilometer.

Selain filter AC yang banyak beredar, Denso membuat terobosan pada komponen ini. Dengan filter yang berwarna hijau, diklaim mampu mencegah virus, menahan masuknya bau knalpot, mencegah debu masuk serta melindungi dari bakteri dan jamur. “Sehingga udara kabin jadi jauh lebih bersih lagi dan sehat. Produk ini memang masih didatangkan dari Jepang, tapi sudah sesuai dengan kondisi Indonesia.

Hal ini mampu terjadi karena pada filter keluaran Denso tersebut terdapat karbon aktif yang mampu menyerap bau tidak sedap. Selain itu, kemampuan lainnya yakni untuk mensterilasi udara, serta adanya teknologi antivirus. Meski sudah canggih, menjaga kebersihan udara kabin tetap hal yang utama.